Cara Menanam Sirih Untuk Dibudidayakan

Cara Menanam Sirih Paling Mudah di Rumah - Tanaman sirih merupakan salah satu tanaman obat yang saat ini berhasil menarik masyarakat mengetahuinya. Tanaman sirih adalah salah satu tanaman obat yang memiliki manfaat yang amat banyak untuk kesehatan. 

Untuk itu, tidak sedikit yang ingin memperoleh manfaat dari daun sirih ini dengan menanamnya di rumah. Adapun cara menanam daun sirih ini sangat mudah dan anda juga dapat melakukan sendiri di rumah. 

Cara Menanam dan Budidaya Daun Sirih

Sudahkah kamu tahu apa itu tanaman sirih? Mungkin di tempat kamu tinggal tanaman ini disebut dengan nama yang berbeda. Sirih atau yang mempunyai nama ilmiah Piper betle ini di yakini mempunyai manfaat sebagai obat dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Bahkan, sirih juga sudah di pakai sejak lama oleh nenek moyang baik untuk obat atau konsumsi rutin. Lalu bagaimanakah Cara Menanam dan Budidaya Daun Sirih? 

Pertama cari sirih yang dijadikan sebagai bibit, potongan batang sirih dengan panjang 40 sampai 50 cm tadi bisa di tanam sepanjang dua buku dan sisanya di ikatkan pada pohon sandaran. 

Adapun cara lain yang bisa di lakukan ialah dengan cara memotong sulur panjang yang sudah dewasa pada pangkalnya. Selanjutnya daun yang ada pada sulur ini dihilangkan dan dibagi menjadi 3 sampai 4 bagian. Jika sudah, tanam sulur tersebut dengan mendatar. Setelah sulur ini berakar, cukup tiga sulur saja yang di ikatkan pada sandaran dan biarkanlah tumbuh hingga ke atas.

Jika proses penanaman sudah selesai, saatnya proses kedua yaitu proses perawatan. Tanaman sirih juga perlu dirawat supaya tumbuh dengan baik dan juga sehat. Bahkan selain itu, bila kamu merawat tanaman sirih, maka akan di peroleh sirih dengan kualitas yang baik pula. 

Selain itu, tanaman sirih ini juga sangat peka pada sinar matahari, sebab jika terkena matahari secara langsug, maka warna daun akan berubah menjadi kuning kehijauan. Terakhir, pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman berumur satu tahun. Kamu juga bisa memanen daun yang berasal dari sulur yang menggantung sebanyak 3 sampai 4 ruas. 

Pemanenan ini alangkah lebih baik dilakukan pagi hari ketika daun masih segar. Demikian Cara Menanam dan Budidaya Daun Sirih yang sangat mudah yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Metode Untuk menanam Daun Sirih - Anda tentu kenal daun sirih yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baik untuk menjaga kesehatan mulut maupun untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Sebenarnya, ada 3 cara budidaya tanaman sirih yang bisa anda coba di rumah. 

Metode Untuk Cara menanam Daun Sirih ini ialah sebagai berikut :

1. Menanam Sirih dengan Cara Stek


Cara stek ini adalah cara yang paling mudah. Pertama, anda bisa siapkan media tanam untuk stek yaitu tanah, pasir serta pupuk kompos. Pastikanlah perbandingan bercocok tanam ini dengan jumlah yang tepat yaitu perbandingan 3:1:3. Selanjutnya masukan bahan yang disiapkan kedalam polybag dan lubangi dulu bagian bawahnya. Masukan hasil stek kedalam media tanam yang tersedia. Tanam pada media yang teduh dan selalu perhatikan pertumbuhannya. 

2. Menanam Sirih dengan Cara Merunduk


Caranya ialah pilih batang daun sirih yang cukup panjang dan letakan batang ini di tanah maupun media yang disiapkan. Setelah sekian minggu, maka akar tanaman ini selanjutnya akan tumbung dan akan tumbuh lagi batang sirih baru dan siap untuk dipotong. Pertumbuhan tanaman sirih ini memang tergolong cukup unik sebab tanaman ini hidup dengan merambat dan bersandar pada pohon lain.

3. Menanam Sirih dengan Cara Stek Air


Cara ini juga adalah cara termudah untuk dilakukan petani pemula. Caranya ialah potong batang sirih yang sudah disediakan dan rendam batang di dalam air. Selanjutnya tunggu sampai batang mengeluarkan akar. Akan tetapi ingat, pada saat melakukan proses ini hanya batangnya saja yang direndam dan bukan daunnya.

Usahakanlah dalam memelihara tanaman sirih ini ialah dengan cara menyirami setiap hari. Penyiraman dengan rutin juga mampu membuat tanaman ini tumbuh dengan sangat cepat. Itulah Metode Untuk menanam Daun Sirih yang bisa anda coba di rumah. 

Cara Menanam Sirih Paling Mudah di Rumah

  • Langkah pertama yang harus di lakukan ialah dengan menyediakan media tanam yang akan di pakai yaitu tanah, pasir dan juga pupuk kompos.
  • Pastikanlah perbandingan tanah, pasir serta pupuk kompos ini sebanyak 3:1:3.
  • Campurkanlah semua bahan dan masukkan dalam polybag yang mempunyai diameter 10 cm.
  • Media tanam seperti polybeg harus di lubangi terlebih dahulu untuk bagian bawahnya.
  • Sediakanlah batang sirih yang sudah tua.
  • Batang sirih selanjutnya di potong menjadi 2 ruas selanjutnya direndam ke dalam air kurang lebih 15 menit.
  • Bila sudah terendam selama 15 menit angkatlah.
  • Masukkan hasil tersebut ke dalam media tanam yang sudah disediakan dan telah di campur.
  • Perawatan juga harus diperhatikan agar tanaman sirih dapat tumbuh dengan sangat baik. Letakkanlah di tempat yang teduh sebab tanaman daun sirih tidak dapat dibiarkan di tempat yang panas.
  • Apabila anda memperhatikan dan ada hama yang menyerang, segera untuk membasmi dengan pestisida agar hama tidak menyerang sampai parah dan menyebabkan tanaman sirih anda menjadi mati.

Demikian tips mudah Cara Menanam Sirih Untuk dibudiayakan Paling Mudah di Rumah yang bisa anda semua coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Teknologi

Resources

Travel