Cara Mudah Menanam Daun Sirih Merah Untuk DIbudidayakan

Cara Menanam Daun Sirih Merah Dengan Pot - Sirih merah merupakan salah satu tanaman yang tumbuh menjalar dan merambat. Terkadag sirih merah ini tumbuh di daerah yang lembab dan juga teduh merambat pada pahon-pohon yang ada di sekitar , daun yang lebat dari pangkal tanah hingga ujungnya. 

Sebab banyak yang mengatakan bahwa tanaman ini memiliki manfaat yang sangat banyak maka sebagian orang menanamnya dengan cara yang sederhana seperti di pot, plastik atau polybag dan lainnya. 

Dan untuk anda yang saat ini ingin menanam tanaman daun sirih merah memakai pot atau wadah plastik atau polybag dengan cara penyetekan, anda bisa simak 

Cara Menanam Daun Sirih Merah Dengan Pot 

Di bawah ini :

a. Siapkanlah tempat untuk pot yang sudah di isi pasir maupun tanah di campur dengan pupuk kompos dengan perbandingannya 1:1:1. Jika sudah, masukan ke dalam pot atau polybag kira kira dengan diameter 10 cm yang dimana polybag atau pot ini sudah ada lubang di bagian bawahnya supaya akar dapat leluasa tumbuh keluar.
b. Ambilah batang yang sudah tua untuk selanjutnya ditanam.
c. Potong pada batangnya dan sisakan beberapa lembar daun supaya cepat tumbuh.
d. Sebelum menanam anda bisa merrendam sekitar 20 menit supaya tidak layu.
e. Tanam kedalam wadah yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
f. Jangan lupa letakkan di tempat yang teduh lembab dan usahakanlah terkena sinar matahari.
g. Terakhir, siram dengan teratur jika ada tanaman yang mengganggu maupun rumput yang tumbuh disekitar silahkan dicabut.

Demikian Cara Menanam Daun Sirih Merah Dengan Pot yang sangat mudah dan bisa langsung anda coba di rumah. 

Cara Budidaya Sirih Merah Dengan Baik Dan Benar - Sirih merah banyak dikenal sebagai tanaman obat yang bermanfaat untuk kesehatan. Dan untuk budidaya sirih merah pun juga perlu memperhatikan cara yang benar sehingga tanaman sirih merah ini sehat dan banyak daunnya. 

Memang secara alami, Sirih merah ini sangat suka tempat ternaung seperti di bawah pohon yang ada di hutan.  Sebab jika terkena banyak sinar matahari maka batangnya akan cepat mengering. Sebaliknya jika terlalu banyak kena air akar dan juga batangnya akan cepat membusuk.

Cara Budidaya Sirih Merah Dengan Baik Dan Benar ini dapat melalui pembibitan atau perbanyakan. Untuk perbanyakan dengan runduk batang, dapat dilakukan jika tanaman sirih merah sudah mulai menjalar. Dan untuk anda yang ingin mencoba menanam sirih merah, anda bisa mencoba menanam dengan cara stek seperti berikut ini :

Langkah Cara Budidaya Sirih Merah

Langkah Cara Mudah Menanam Budidaya Daun Sirih Merah di pot

 Sediakanlah media tanam stek pasir, tanah dan kompos dengan perbandingannya 1:1:1
 Masukkan ke dalam polybag yang bagian bawahnya dilubangi 
 Pilih batang sirih merah yang tua 
 Potonglah batang sirih ini kira-kira dua ruas
 Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa 15 menit dan angkat 
 Masukkan stek ini ke dalam media tanam yang disediakan 
 Letakkan stek yang ditanam di tempat yang teduh

Tanaman sirih merah ini baru dikatakan siap panen minimal berumur 4 bulan. Sebab pada saat itu sirih merah terdiri atas 16 hingga 20 daun. Pada saat itu daun juga sudah relatif lebar, dengan panjang 15 hingga 20 cm. Demikian Cara Budidaya Sirih Merah Dengan Baik Dan Benar yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

 

Teknologi

Resources

Travel